JAKARTA – Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, mengungkapkan bahwa Kabupaten Batang, Jawa Tengah akan menjadi pusat kawasan industri terbaik di Indonesia yang akan dipenuhi oleh perusahaan ternama seperti LG, Foxconn, dan Tesla juga dikabarkan akan hadir pada kawasan tersebut, Jumat (20/5/2022).

 

Baca Juga : Ramaikan Jakarta Marketing Week 2022, KALLA Hadirkan Green Energy

Hal tersebut merupakan hasil dari pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Elon Musk yang merupakan CEO dari Tesla Inc sehingga Tesla dapat dipastikan akan melakukan investasi di Indonesia.

Bahlil mengatakan, ia bersama dengan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, dulunya diperintahkan oleh Presiden Jokowi untuk membuat Tesla dan Foxconn masuk ke Indonesia karena kedua perusahaan tersebut masuk dalam kategori perusahaan yang besar.

“Dulu ketika Bapak Presiden memerintahkan kami dengan Menko Marves agar Tesla dan Foxconn masuk Indonesia, karena dua perusahaan ini adalah perusahaan besar,” ucap Bahlil dilansir dari KOMPAS.com.

Lanjutnya, ia berbagi tugas dengan luhut, dirinya membujuk Foxconn dan Luhut membujuk Tesla dan Foxconn telah mengiyakan bujukan tersebut, berbeda dengan Tesla yang masih tarik ulur mengenai hal itu. Dan berkat Jokowi, Tesla berhasil ditarik ke Indonesia.

“Saya merayu Foxconn, Pak Luhut merayu Tesla. Gombalan kita untuk Foxconn lolos. Tesla masih tarik ulur. Berkat tangan dingin dan intuisi presiden, Tesla masuk ke Indonesia,” katanya.

tambahnya, Tesla akan masuk kedalam dua kategori industri. Yang pertama tentag ekosistem baterai mobil dan mobil Tesla, untuk selebihnya masih dirahasiakan.

“Dia akan masuk ke dua bagian industri besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil dan mobilnya. Insyaallah tahun ini. Berapa dan kapan, masih rahasia,” ungkapnya.