RAKYAT NEWS, Otomotif – Motor matic sekarang menjadi pilihan banyak orang karena mudah dikendarai dan praktis untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kendaraan ini diketahui memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi daripada motor manual. Oleh karena itu, penting bagi para pemilik motor matic untuk mencari cara untuk menghemat BBM agar dapat membantu mengurangi biaya bahan bakar.

Berikut adalah beberapa solusi hemat BBM untuk para pemilik motor matic:

1. Perawatan rutin

Perawatan rutin pada motor sangat penting untuk menjaga kinerja mesin yang optimal dan efisiensi penggunaan bahan bakar. Jangan lewatkan jadwal penggantian oli mesin, filter udara, dan busi sesuai dengan rekomendasi pabrik. Pastikan juga tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pada buku panduan kendaraan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

2. Pilih posisi gigi yang tepat

Pada motor matic, pemilihan posisi gigi dan RPM mesin akan berdampak pada konsumsi bahan bakar. Posisi gigi yang lebih tinggi memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Cobalah untuk mengendarai motor dengan posisi gigi yang lebih tinggi (biasanya posisi 3-4) ketika sedang berada di jalan raya yang datar atau menurun.

3. Hindari menggeber gas

Menggeber gas secara tiba-tiba dan berlebihan akan meningkatkan konsumsi bahan bakar pada motor matic. Sebagai gantinya, coba untuk mengendarai dengan santai dan halus serta hindari melakukan pengereman mendadak atau akselerasi tiba-tiba.

4. Kurangi beban kendaraan

Semakin berat beban pada kendaraan, semakin tinggi konsumsi bahan bakarnya. Hindari membawa barang-barang yang tidak perlu atau memuat penumpang yang berlebihan. Pastikan juga kondisi kendaraan seperti rem, suspensi, dan ban cukup baik untuk memberikan stabilitas dan kemudahan dalam mengendalikan motor.

5. Gunakan bahan bakar berkualitas

Pemilik motor matic diharapkan untuk memilih bahan bakar yang berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Bahan bakar yang lebih murah atau berkualitas kurang baik dapat menyebabkan tekanan dan kondisi mesin yang tidak memadai, dan pada akhirnya meningkatkan konsumsi bahan bakar.