RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sonic Speed Makassar kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Race putaran 4 Sulsel, pada Minggu, 4 Agustus 2024. Kejuaraan ini akan memperlombakan 24 kelas berbeda dengan partisipasi sekitar 700 peserta.

Meskipun pemberian embel-embel Sulsel, namun Kejurnas Drag Race ini tidak diselenggarakan di Makassar atau di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel), melainkan di sirkuit Lanud NP Gading Wonosari, Yogyakarta.

Keputusan untuk memindahkan arena drag race ini dikarenakan tidak adanya sirkuit yang memadai di Makassar maupun Sulsel. Sehingga, anak-anak muda kreatif dari daerah tersebut terpaksa mencari sirkuit yang layak di provinsi lain.

“Kami harus angkat koper mencari tempat di daerah lain karena di kota kami (Makassar) sangat-sangat minim sarana olahraga. Termasuk sarana olahraga otomotif. Makassar tidak punya sirkuit seperti yang pernah dijanjikan oleh pemkot Makassar,” kata Ketua Eksekutif Panitia Kejurnas Drag Race Putaran 4 Sulsel, Harpen Reza Ali, dalam keterangan yang diterima Rakyat News, Sabtu (20/7/2024).

Pada penyelenggaraan Kejurnas putaran ke-4 di Yogyakarta ini, Sonic Speed berkolaborasi dengan Victory Time Official (Vito) Yogyakarta, sebuah organisasi dan komite balap (OC – RC), seperti yang dijelaskan oleh Harpen Reza Ali.

“Teman-teman Vito Jogyakarta sangat menyambut baik. Bahkan sangat merespon positif penyelenggaraan event ini agar drag race bisa menjadi industri baru olahraga otomotif di Indonesia,” ujar Harpen.

Sementara itu, Ketua Sonic Speed Makassar, Andi Arjan, menjelaskan bahwa awalnya acara drag race ini direncanakan di Lanud Sultan Hasanuddin. Namun, pada akhirnya lokasi diganti.

“Pihak Lanud Sultan Hasanuddin sangat mendukung kegiatan kami. Hanya saja venue yang akan kami gunakan juga akan digunakan dalam rangka perayaan Hari Bakti TNI AU,” ucapnya.