RAKYAT NEWS, BALI – Program Astra Honda Youthprenurship Program (AHYPP) oleh Yayasan AHM kembali memberikan dampak positif. Sejak diluncurkan tahun 2017 lalu, hal ini mampu menemani Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berkontribusi dalam pertumbuhan secara ekonomi dan lapangan pekerjaan.

Melalui program ini, seluruh bengkel binaan mendapatkan dukungan peralatan perbengkelan dan standardisasi bengkel UMKM, sekaligus akses permodalan untuk pengembangan usaha bagi yang berprestasi.

Terbaru, Yayasan AHM menggelar program penguatan AHYPP yang berlangsung di Training Center Astra Motor Bali selama tiga hari (4-6/8) dengan tema “Satu Hati Menuju Kemandirian Ekonomi”.

Sebanyak 21 anak muda mengikuti program AHYPP ini guna mendapatkan pengayaan kompetensi dalam membangun usaha bengkel otomotif yang kekinian sesuai perkembangan teknologi dan kebutuhan pencinta sepeda motor di Indonesia.

Pada kegiatan ini, seluruh peserta pun semakin diperkuat kompetensinya melalui pendalaman materi seputar teknologi sepeda motor listrik, kompetensi kemampuan pengembangan bisnis bengkel, hingga pengelolaan limbah bengkel.

Pengetahuan dasar sepeda motor listrik yang diberikan langsung oleh Technical Training Instruktur Astra Motor Bali meliputi perkembangan sepeda motor listrik Honda yang disematkan pada Honda EM1 e:, penanganan sepeda motor listrik dari sisi keamanan, jenis-jenis motor penggerak, hingga pengetahuan terkait baterai sepeda motor listrik.

Dalam mendukung pengelolaan operasional bengkel, YAHM menyiapkan platform pengelolaan keuangan, pengelolaan stock spare part, sampai pembuatan invoice untuk para pelanggannya.

Pengusaha UMKM bengkel ini merupakan para alumni SMK binaan AHM yang menerapkan kurikulum Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Para anggota AHYPP telah mampu menghasilkan omzet hingga ratusan juta dengan level pelayanan yang terus meningkat.

Sejalan dengan peningkatan kinerja bisnis bengkel, bengkel binaan Yayasan AHM telah memiliki karyawan mulai dari 1 sampai 5 orang. Sebagian besar karyawan menempati posisi mekanik hingga tenaga administrasi.