RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun ini, Pelindo Group wilayah kerja Makassar berkolaborasi melakukan pelatihan safety riding dan service motor gratis bagi total 79 ojek online dan ojek pangkalan di Makassar, Selasa (13/8/2024).

Kegiatan tersebut berlangsung di Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar dengan materi pelatihan yang disampaikan I Komang Oka Sudarmawan Diputra, Junior Manager Operasi Pelindo Regional 4 Makassar.

Menurut Komang, tujuan dari pelatihan safety riding ini adalah untuk meminimalkan risiko kecelakaan dan melindungi nyawa dan harta benda baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan lainnya.

Dia juga menyampaikan manfaat dari pelatihan safety riding, yaitu untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya, mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. “Serta mengetahui tata cara berkendara yang aman,” ucapnya.

Berbagai hal terkait safety riding juga disampaikan Komang kepada para ojek online dan ojek pangkalan yang hadir, yaitu Tentang Ketentuan Hukum untuk Pengendara Sepeda Motor, Tetap Aman Saat Berkendara, Perlengkapan Saat Berkendara Sepeda Motor, Kondisi Sepeda Motor, serta Dokumen Administrasi Ketika Berkendara.

“Juga disampaikan point-point yang berkaitan dengan kendali keselamatan sepeda motor, di antaranya tentang bagaimana posisi tubuh, posisi jalan, saat membelok, mengerem, ketika berkendara di malam hari, berkendara dengan berboncengan, dan bagaimana saat berkendara dengan membawa barang,” terang Komang.

Selain itu, dia juga menyampaikan hal-hal yang berkenaan dengan bahaya yang mengancam pengemudi jika berkendara sambil menggunakan ponsel. “Sebab berkendara sambil menggunakan ponsel saat mengemudi adalah bencana. Karena mengemudi memerlukan konsentrasi yang tinggi sehingga apabila ditambah dengan aktivitas lain seperti menelepon, akan memengaruhi konsentrasi kita,” beber Komang.