MAKASSAR – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) resmi menghadirkan acara Honda Modif Contest (HMC) #RideCreation 2024. Para pemenang dari 9 jenis perlombaan telah diumumkan, Sabtu (17/8/2024).

AHM bersama Asmo Sulsel selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, di Astra Motor Xperience Centre, menggelar kegiatan ini di Astra Motor Xperience Centre, Trans Studio Mall Makassar.

Baca Juga: AHM Bersama Asmo Sulsel Resmi Gelar HMC #RideCreation 2024 di Makassar

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya, mengungkapkan bahwa Makassar menjadi kota pertama untuk gelaran HMC sebab memiliki animo masyarakat yang tergolong besar.

“Tahun ini Makassar yang banyak animonya, ini menjadi hal positif, dan menjadi alasan kenapa HMC dilaksanakan pertama disini,” ucapnya.

Brand Activation Manager PT AHM, Andika Sabmarin mengatakan bahwa HMC ini sudah satu dekade, dan ini bisa konsisten sampai satu dekade. Dalam perjalanan ini banyk kita dapat, insight peserta dihadirkan.

“Kegiatan seperti ini tidak selalu dikaitkan degan penjualan, tetapi bagaimana kita memberikan wadah bagi pecinta motor Honda untuk belajar bersama-sama melakukan kreasi,” tuturnya.

Dia mengatakan gelaran ini terus mendapatkan respon positif dari masyarakat. Terlihat dari jumlah peserta yang terus bertambah setiap gelaran.

“Untuk peserta di setiap kota terus berkembang, dan peserta juga berkembang di setiap kota mencapai 150  peserta per kotanya. Itu perkembangannya dari 2004 sampai 2024,” tuturnya.

Salah satu dari 3 Juri HMC, Agus Ficdiyanto, mengungkapkan bahwa sebelum menjadi juri, dia telah menjadi peserta di HMC untuk beberapa seri sebelumnya.

Ajang HMC ini, kata Agus, mampu memberikan dirinya pelajaran sehingga ia mampu memiliki tiga bengkel yang telah terbilang berhasil dan telah ia wariskan saat ini.

“Shering tinggi peserta disini, teman-teman dari midle ke kelas lebih tinggi, belajarnya tentang detail bagus. Kalau dulu yang punya konsep menang, sekarang konsep itu dilengkapi dengan detail-detail,” jelas Agus.

Agus juga menuturkan, bahwa untuk penilaian kali ini terdapat beberapa hal utama yang menjadi pembeda, salah satunya konsep, dimana konsep jadi hal utama.

“Kemudian detail secara keseluruhan atau pekerjaan yang dilakukan itu, meskipun ada perbedaan kelas, kemudian tema dari hasil karya harus disesuaikan dengan konsep tersebut, tiga hal utama itu menjadi kriteria penilaian,” tuturnya.

Selain konsep, terang Agus, ia juga menerangkan bahwa faktor pendukung penjurian lainnya ialah terkait dengan detail hingga berakhir dengan bentuk tema yang digunakan.

“Setelah konsep yang menjadi hal yang utama, kemudian ada detail, dan ketiga adalah tema. Tema adalah hasil kreasi mereka disesuaikan dengan konsep tersebut,” jelasnya.

Berikut adalah nama-nama pemenang dalam 9 kategori berbeda HMC #RideCreation 2024 Region Makassar.

Best ADV 160
Dewa Rizky Pratama Wanny

Best PCX 160

Sahlan Nurhajid Amar

Best Fashion

Fandy Bagaspati

Best Regional Class

Wandhi

Best Stiker / Decals Pick

Kahar Akmal

Syamsyana

Fandy Bagaspati

Best Fun Community Contest

Muh. Arham

Best Media Pick

Fandy Bagaspati

Kelas: Matic & Cub Stock / Bolt On

Juara 1: Fandy Bagaspati

Juara 2: Hakbar

Juara 3: Kahar Akmal

Kelas: Matic & Cub Advance

Juara 1: Fandy Bagaspati

Juara 2: Nasrul

Juara 3: Abdi

Kelas: Matic & Cub Community Touring

Juara 1: Nursyamsul Alam Hasan Basri

Juara 2: A. Rinaldi

Juara 3: Syamsyana

Kelas: Sport Community Touring

Juara 1: Reski

Juara 2: Muh. Arham

Juara 3: Anang Wibowo

Kelas: All Sport (Naked & Fairing)

Juara 1: Munadi

Juara 2: Aldila Fakhurrozi NH

Juara 3: Herianto

Kelas: Show Off > 2006

Juara 1: Nasrullah

Juara 2: Ryan Indrawan

Juara 3: Nasrul H

Kelas: All Stock & Advance < 2006

Juara 1: Harianto

Juara 2: Edi Gunawan

Juara 3: Aiqadry Richar Japouetra

Kelas: Racing Style

Juara 1: H. Baso Tahir Taha

Juara 2: Muhammad Rafi Yansyah

Juara 3: Syahrir

Kelas: FFA

Juara 1: Risaldy Akbar M

Juara 2: Rusli M

Juara 3: Rusmana