RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Komunitas penggemar Jeep Wrangler di Sulawesi, JK Owners Celebes (JKOC), akan menyelenggarakan acara JKOC On Tour Prabu III pada tanggal 26-27 Oktober 2024 mendatang.

Acara JKOC On Tour kali ini bertemakan “Prabu III” yang merupakan bagian dari rangkaian menuju Musyawarah Besar JKOC ke III (Prabu III). Lebih dari 25 pemilik dan pengguna Jeep Wrangler serta 100 anggota akan bergabung dalam acara ini.

Peserta akan memulai perjalanan dari NIPAH Park menuju Soppeng melewati Maros, Pangkep, Poros Barru, Walemping, dan Lawo. Mereka akan dilepas oleh Kapolda Sulsel, Dirlantas Polda Sulsel, COO Kalla Kars, Dewan Penasehat JKOC, serta perwakilan pemerhati otomotif Kota Makassar.

Acara JKOC On Tour Prabu III akan mencakup berbagai kegiatan seperti bakti sosial ke panti asuhan, tur keluarga, wisata kuliner, dan Rapat Koordinasi untuk menetapkan agenda Musyawarah Besar ke-3 (Mubes III) dan perayaan ulang tahun ke-11 tahun JKOC.

Untuk memastikan kelancaran perjalanan, akan ada 2 unit mobil layanan, 3 mobil resmi, dan 1 tim pengawal yang akan mengikuti peserta sepanjang perjalanan pergi dan pulang.

Diperkirakan setiap kendaraan peserta akan menggunakan 1.480 liter bahan bakar tanpa timbal. Total jarak tempuh (pergi dan pulang) sekitar 495 km melalui kombinasi jalur, dengan 85% jalan raya dan 15% kondisi off-road.

“Insha Allah, pada kegiatan JKOC On Tour Prabu III 26-27 Oktober mendatang akan kita salurkan bantuan sosial. Kegiatan ini merupakan program regular dan wajib JKOC, setidaknya 20 kali dalam setahun baksos kami gelar secara berkelanjutan. Harapakn kami, kiranya bantuan ini dapat memberi manfaat positif bagi yang menerima,” jelasnya.

Bendahara JKOC, H. Badris, menyatakan bahwa acara bakti sosial ini akan mengunjungi rumah yatim. Lebih dari 700 paket sumbangan direncanakan akan disalurkan melalui kegiatan bakti sosial.

“Di dataran ini, keindahan bukit dan lembah dengan hawa sejuk akan dinikmati oleh seluruh peserta tour yang berakhir atau finish di Triple 8 The Riverside Resort Kota Soppeng,” ungkap Edward yang akrab disapa Om Edho.

Ketua Umum JKOC, Edward Putra Halim, dan Sekjen JKOC Randy Juniardi juga menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan selama perjalanan seperti menikmati panorama alam sepanjang perjalanan termasuk pesisir wilayah Pangkep dan dataran tinggi Barru serta desa Walemping dan Lawo.

“Mubes ke III dan Harla 11 tahun akan kami padu dalam satu rangkain pelaksanaan di 18 Desember 2024 mendatang. Kami akan memilih ketua baru JKOC periode 2024-2027 melalui aklamasi. Direncanakan 100 letupan fire work (kembang api) akan menyempurnakan perayaan moment 11 tahun JKOC. Tempat pelaksanaan dan detil konsep akan kami sampaikan setelah seluruhnya mendapat persetujuan member melalui rakor besok,” urai Om Iwan Wahyu, Koordinator Divisi Tour JKOC didampingi Om Yudi, Penasehat JKOC.

Peserta dijadwalkan tiba di destinasi akhir pada hari pertama perjalanan sekitar pukul 17.30 WITA. Agenda penting lainnya dalam JKOC On Tour Prabu III adalah tudang sipulung atau musyawarah bersama seluruh anggota untuk membahas detail konsep dan persiapan Mubes ke-III yang juga menjadi perayaan Harla ke-11 tahun JKOC.

Program kerja JKOC Periode 2021-2024 meliputi:
– 2021: Mubes ke-2 JKOC dan JKOC on Tour Toraja.
– 2022: Raker JKOC, JKOC On Tour Bira, JKOC On Tour Balinusa (Bali-Mandalika), JK Owners National Jambore (ditunda), Anniversary 9th JKOC, All Wheel Drive (AWD) practice, Grand Launching New Secretariat JKOC, JKOC-Pesona Indonesia Tour Collaboration, dan Safari Ramadhan.
– 2023: Selebrasi 1 Dekade JKOC, JK Owners National Jambore (ditunda), Launching Rumah Zakat JKOC, dan Launching JKOC Rescue.
– 2024: JKOC On Tour 1 Dekade, JKOC On Tour Prabu III, dan Selebrasi 11th JKOC.