INGGRIS – Seorang pengusaha dari Inggris, Martin Phillips berhasil membuat pesawat Spitfire Perang Dunia II. Pencapaian ini tentunya tidak dengan perjuangan yang mudah.

Baca Juga: Upgrade Skill Berbahasa Inggris, GenBI Komisariat UNM Gelar Kegiatan English Camp

Berikut 2 fakta pembuatan pesawat Spitfire perang dunia II :

1. Berawal dari pemberian paku keling

Martin Phillips mengatakan awal mula pembuatan pesawat Spitfire WW2 ketika ia diberi satu paku keling dari pesawat oleh teman-temannya. Pertama, ia mendapatkan badan pesawat Spitfire 1944 dan Spitfire RR232 kemudian mulai mencari suku cadang seperti Baling- baling 4 buah, kerangka sayap, bagian-bagian mesin, meriam sayap, instrument sayap dan kursi asli.

Baca Juga: Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Palembang, Maskapai Pastikan Aman

2.Pengerjaan pesawat selama 14 tahun

Dalam pembuatan pesawat itu,Martin tidak sendiri melainkan ia bekerja sama dengan timnya yang tidak pernah menyerah. Anggaran yang dikeluarkan sebesar $1,3 juta USD. Pesawat ini diluncurkan ke langit tanpa masalah, meskipun pada awalnya ada bagian-bagian yang sulit di dapatkan dimana pun, sehingga dikerjakan dengan desain khusus.

Baca Juga: Kapal Perang Inggris dan Kapal Selam Rusia Tabrakan

“Berkali- kali saya berpikir proyek itu tidak akan pernah selesai. Tapi kami tidak pernah menyerah pada hantu. Spitfire adalah sesuatu yang membuat Inggris menjadi negara yang hebat. Saya merasa rendah hati karena anak-anak berusia 18 tahun naik ke dalamnya dan meninggal di dalamnya,” kata Phillips