Melalui program ini, Toyota menyediakan 30 unit kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari atas 20 unit Toyota COMS berbasis Battery Electric Vehicle (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV untuk bisa disewa oleh wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Meski terkendala pandemi Covid-19, jumlah rombongan maupun wisatawan perorangan yang memanfaatkan program ini tergolong besar.

Sejak diluncurkan pada 31 Maret 2021—bertepatan dengan 50 tahun Toyota Indonesia, jumlah rombongan wisatawan yang memanfaatkan program ini lebih dari seribu orang dengan total perjalanan sejauh lebih dari 75 ribu km. Dari penggunaan sepanjang itu, kontribusi pengurangan emisi CO2 diperkirakan mencapai 7,8 ton.

Melihat respon yang besar dan positif tersebut, pada tahun 2022 ini Toyota merencanakan untuk memperluas program EV Smart Mobility ke kawasan destinasi wisata yang lainnya, yaitu di wiilayah Toba, Sumatera Utara.

Kijang Innova EV Concept dan Multi Pathway
Kehadiran Kijang Innova EV Concept adalah bagian upaya Toyota untuk menegaskan komitmen memberikan kontribusi terbaik kepada industri otomotif nasional, serta mendukung kebijakan Pemerintah dalam mempercepat pengembangan kendaraan berbasis listrik. Mobil ini adalah kendaraan berbasis Toyota Kijang Innova yang sepenuhnya menggunakan tenaga listrik.

Kehadiran mobil tersebut sekaligus menjadi bukti kuat bahwa Indonesia mempunyai peluang besar untuk membangun ekosistem industri kendaraan listrik dengan menggunakan basis brand nasional.

Meski belum memasuki tahap komersial, Kijang Innova EV Concept telah melalui tahap quality and safety assurance dan standar Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Hingga saat ini, tujuan memperkenalkan Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat. Kijang Innova EV Concept sebagai simbol komitmen Toyota terhadap ekosistem utama kendaraan listrik, dengan memanfaatkan pendekatan model lokal dan kendaraan listrik guna mengetahui kebutuhan mobilitas yang paling sesuai bagi masyarakat Indonesia,” kata Henry.