RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – PT Hyundai Motors Indonesia secara resmi memperkenalkan Mobil all-new KONA Electric kepada masyarakat Makassar.

Hal ini tentu semakin mendorong lini kendaraan listrik (EV) di Indonesia dan menegaskan posisi Hyundai sebagai game changer di industri otomotif.

Peluncuran ini dilaksanakan dalam perhelatan Festival Merdeka Berkendara yang diselenggarakan untuk memperingati HUT RI ke-79 pada 24-25 Agustus 2024 di Trans Studio Mall (TSM) Makassar, serta 7 kota lainnya di Indonesia.

Seri all-new  KONA Electric ini sebelumnya telah diluncurkan secara resmi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 pada bulan Juli lalu.

Head of Marketing Department Hyeonde Motors Indonesia, Arie Hermawan, mengatakan bahwa seri ini menampilkan eksterior dengan desain futuristis, interior lapang, all-electric range (AER) hingga lebih dari 600 km.

“Ada dua jenis kapasitas baterai yang digunakan. Pertama ada 66 kWh jarak tempuh hingga 600 km, kemudian ada 48 kWh yang bisa menempuh jarak sampai 443 km,” pungkas Arie di TSM Makassar, Sabtu (24/8/2024).

Selain itu, kata Arie, lini terbaru kendaraan listrik Hyundai ini merupakan EV pertama di Indonesia yang menggunakan baterai asli buatan dalam negeri.

“Spesial buat kami karena ini adalah mobil Listrik yang paling lengkap di Indonesia, karena mobil ini diproduksi di Indonesia, dipabrik di Indonesia, dibuat dari tangan-tangan orang Indonesia, dan yang special baterainya ini sudah dibuat di Indonesia,” kata Arie.

Terkait dengan kapasitas muatan, Arie menjelaskan bahwa seri ini memiliki ukuran bagasi yang bisa mencapai 1.300 liter.

“All-new  KONA Electric ini memiliki ukuran bagasi besar hingga 466 liter dan maximal kapasitas 1.300 liter,” terangnya.

Arie menjelaskan, bahwa generasi terbaru ini menegaskan komitmen Hyundai dalam mendukung upaya pemerintah untuk mencapai emisi nol pada tahun 2060.