“Apabila sudah berhasil menguasai beberapa hal dasar dalam berkendara, maka pemula pengendara sepeda motor dapat mencoba memulai ke jalanan yang sedikit lebih ramai. Hal ini bertujuan untuk melatih mental calon pengendara motor agar bisa segera menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, sehingga menjadi tidak grogi dan dapat fokus ketika berkendara,” ungkap Oging.

Yang tak kalah pentingnya adalah memahami penguasaan dasar berkendara. Hal ini mencakup pemahaman tentang setiap komponen sepeda motor serta teknik berkendara yang benar, mulai dari posisi tubuh yang tepat, cara mengatur gas, penggunaan kopling, hingga penggunaan rem dalam situasi tertentu.

“Apabila semua hal-hal tersebut sudah dikuasai, maka dapat dikatakan pemula sudah cukup siap 40% untuk dapat berkendara sepeda motor. Hal-hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah rambu-rambu lalu lintas yang wajib dipatuhi oleh seluruh pengguna jalan dengan tujuan untuk menyelamatkan diri sendiri maupun para pengguna jalan lainnya,” tutup Oging.