RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kisah gemilang diciptakan oleh Yamaha Indonesia dan Aldi Satya Mahendra yang berhasil membawa nama Indonesia bersinar di kancah internasional.

Pencapaian bersejarah terjadi ketika Aldi Satya Mahendra, yang dikenal dengan julukan “Garuda Muda Indonesia”, berhasil menjadi juara dunia pertama dari Indonesia di ajang World Supersport 300 (WorldSSP300) di lintasan Jerez, Spanyol, Minggu (20/10/2024).

Kemenangan tersebut membuatnya menjadi pembalap Indonesia pertama yang meraih gelar juara dunia.

Penampilan Aldi Satya Mahendra yang tenang dan yakin berhasil mencapai garis finis seri terakhir di Jerez dengan mantap. Pembalap berusia 18 tahun asal Yogyakarta ini membuktikan kemampuannya dengan menguasai lintasan Jerez yang sebelumnya tidak pernah dia rasakan.

Dengan finis di posisi ketiga pada race pertama pada Sabtu, 19 Oktober 2024, Aldi Satya Mahendra menunjukkan kesiapannya untuk menjadi juara dunia, didukung oleh motor YZF-R3 buatan Yamaha Indonesia.

Perjuangan terakhirnya pada race kedua pada Minggu, 20 Oktober 2024, berakhir dengan hasil membanggakan di posisi keenam.

Dengan total 221 poin, Aldi Satya Mahendra berhasil mengungguli pesaing terdekatnya, Loris Veneman dari Belanda, sebanyak 21 poin. Kemenangan ini menjadikannya juara dunia WorldSSP300.

Dalam catatan sejarah, Aldi Satya Mahendra juga meraih prestasi sebagai pembalap Asia pertama yang mengklaim gelar juara WorldSSP300.

”Wow, ini sungguh mimpi yang jadi kenyataan. Saya tidak mampu berkata-kata, sungguh ini hari yang sangat menakjubkan. Terimakasih kepada Allah, semua pihak yang telah membawa saya sampai sejauh ini ke tangga juara dunia terutama kepada Yamaha Indonesia, tim BrCorse, dan keluarga saya,” Aldi Satya Mahendra.

“Semua kerja keras, usaha dan perjuangan selama ini membuahkan hasil luar biasa ini. Saya juga persembahkan gelar juara dunia ini untuk Indonesia dan seluruh masyarakat Tanah Air. Untuk Merah Putih Semakin di Depan, Indonesia. Yamaha Semakin di Depan, Full Gaspolll,” lanjutnya.