MAKASSAR– Menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat sudah mulai mudik menggunakan mobil.  Adapun hal baiknya, sebelum mudik sebaiknya Anda melihat ke bagian mesin dan beberapa komponen mobil agar perjalanan mudik Lebaran berjalan lancar.

Baca Juga : Watsons NIPAH Park Tawarkan Diskon hingga 50 Persen di Promo THR Super Deals

Dilaporkan dari Auto2000, Berikut lima cara merawat mesin mobil sebelum pulang.  Memang sebelum mudik bukan hanya mesin saja yang harus dirawat, tapi masih banyak part lainnya juga.

Tips merawat mesin mobil sebelum pulang kampung

1. Periksa mesin secara menyeluruh

Mesin perlu diperiksa secara menyeluruh karena mobil akan menempuh jarak tempuh total hingga ratusan kilometer. Mekanik akan memeriksa bagian-bagian komponen oli, baik dari segi pengenceran atau volumenya, filter oli, dan lain sebagainya.

Kemudian timing belt juga akan diperiksa untuk mengetahui apakah masih dalam kondisi baik atau rusak. Komponen ini sendiri sangat penting karena mendukung kinerja suatu komponen dengan komponen lainnya. Perhatikan hal ini agar mobil siap untuk mudik.

2. listrik harus prima

Bagian kelistrikan mobil merupakan hal penting yang harus diperiksa dan dirawat sedemikian rupa. Hal ini karena daya yang berasal dari aki dapat mempengaruhi kinerja banyak komponen lain, seperti untuk lampu mobil, sistem hiburan, sistem starter.

Semua komponen ini membutuhkan kinerja listrik yang sangat baik. Jadi bagian ini perlu diperiksa, termasuk volume air aki.

3. Cek air radiator mobil

Melakukan perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer dapat menyebabkan mesin mobil menjadi panas. Namun dengan air radiator, mesin mobil bisa tetap berada pada temperatur yang pas. Hal ini dapat dicapai bila sistem radiator bekerja dengan baik. Jadi, perlu memeriksa bagian ini.

Ketinggian air radiator yang tidak mencukupi dapat menyebabkan mesin menjadi lebih cepat panas. Mekanik akan memeriksa dengan melihat air radiator yang masih ada. Jika sudah berkurang, mereka akan menambahkannya dengan cairan khusus. Setelah itu, tabung air atau resevoir juga perlu diperiksa.