RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Sepeda motor matik harus mendapatkan perawatan yang optimal supaya tetap awet dan nyaman digunakan sehari-hari. Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, membagikan tips merawat motor matik.

Technical Service Manager Astra Motor Sulawesi Selatan, Ignatius Nindyatama, mengatakan bahwa perawatan motor matik tidak berbeda dengan motor bebek ataupun motor sport. Maka, ia menegaskan bahwa perawatan motor matik tidak sesulit yang diperkirakan banyak orang.

“Ada anggapan bahwa merawat motor matik itu sulit. Lebih sulit dari tipe motor lainnya. Namun, sebetulnya, perawatan motor matik serupa dengan perawatan motor lainnya,” kata Ignatius.

Menurut Ignatius, hal pertama yang dapat dilakukan dalam merawat motor matik Honda yakni mengganti oli secara berkala. Adapun pergantian oli dapat dilakukan setiap 1.000 kilometer. Sedangkan untuk pergantian oli transmisi motor atau oli gardan maksimal dilakukan ketika motor sudah menempuh 5.000 kilometer.

“Jika kita lupa sudah menempuh berapa kilometer dengan sepeda motor matik, sebaiknya pergantian oli dilakukan setiap dua sampai tiga bulan sekali. Jangan lupa, oli yang digunakan harus sesuai dengan spesifikasi motor matiknya,” ucapnya.

Kemudian, lanjutnya, pengguna motor matik Honda perlu mengecek kondisi vanbelt dan roler dengan rutin. Hal ini dilakukan untuk memastikan motor matik dapat mengaspal dengan aman dan nyaman.

“Vanbelt terbuat dari karet sehingga dikhawatirkan akan putus di tengah jalan apabila dalam kondisi yang sudah tidak baik. Dengan rutin mengecek, kita akan mengetahui kondisi vanbelt motor matik kita. Jika sudah dalam kondisi tidak baik dan harus diganti, kita dapat mengunjungi AHASS agar vanbelt dipastikan asli dan terjamin kualitasnya,” katanya.