Sementara itu, Area Manager Communcation, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga* Regional Sulawesi Subholding Commercial & Trading, Laode Syarifuddin Mursali, mengatakan bahwa masyarakat kota-kota besar di Sulawesi pun telah membutuhkan BBM Ramah Lingkungan berkualitas dengan RON tinggi seperti Pertalite dan Pertamax terlihat dari tren konsumsi BBM khususnya jenis bensin atau gasoline hingga Agustus 2021.

Laode menjelaskan, bahwa secara proporsi penggunaan BBM berkualitas seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo di Makassar sendiri sudah mencapai 88% dibandingkan konsumsi Premium di kisaran 12%.

Saat ini, proporsi konsumsi total untuk BBM berkualitas dibandingkan konsumsi Premium di kota – kota besar lainnya juga telah sangat tinggi seperti Kota Gorontalo sudah mencapai 91%, Kendari 92%, Kabupaten Gorontalo 94%, Manado 95% dan bahkan Palu mencapai 98%.

Lanjut Laode, mengungkapkan bahwa kebanyakan pabrikan kendaraan sekarang sudah menyarankan penggunaan BBM RON 92 setara Pertamax. Selain menjadi rekomendasi karena teknologi mesin kendaraan sekarang yang telah injeksi dan turbo, BBM oktan tinggi ini nantinya membuat mesin memiliki pembakaran yang sempurna sehingga akan lebih ramah lingkungan karena emisi gas buang dapat diminimalisir dan lebih irit.

“Produk Pertamax ini punya teknologi Pertatec (Pertamina Technology) yang dirancang untuk melindungi mesin yang membuat bahan bakar mampu membersihkan endapan kotoran pada bagian mesin 3x lebih baik dan memberishkan endapan kotoran pada bagian injector sehingga mengoptimalkan pembakaran dan konsumsi bahan bakar,” terangnya.